Artikel Halal Food






Kampanyekan Makanan Halal Bersama Asosiasi Chef Halal Indonesia

gomuslim.co.id- Seiring berkembangya pemahaman umat Islam, pilihan makanan halal menjadi gaya hidup saat ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) kian gencar melabelkan produk, restoran dan berbagai jenis kuliner bersertifikat halal agar memudahkan umat Muslim dalam memilih makan-makanan halal yang dianjurkan oleh Islam.
Peran juru masak atau chef tentunya sangat berpengaruh dalam kehalalan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Karena itu Asosiasi Chef Halal Indonesia (ACHI) menjadi jawaban atas keraguan konsumen dalam memilih makanan halal yang disajikan di restoran. Pada dasarnya ACHI merupakan kumpulan para chef professional yang mempunyai dasar pemikiran yang sama, yakni berfokus pada perkembangan halal di dunia kulinari khususnya bagi umat Muslim.
Resolusi Asosiasi Chef Halal Indonesia
Sebagai asosiasi yang mengedepankan konsep kuliner halal, ACHI memiliki resolusi tersendiri yakni dengan adanya visi dan misi sebagai komunitas yang mengedepankan kebersamaan dalam mengedukasi masyarakat akan produk kuliner yang halal dan thayib.

Dalam keterangan yang diterima oleh gomuslim, memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengkonsumsi makanan menjadi visi utama ACHI. Sedangkan misinya adalah turut mengedukasi masyarakat akan prinsip halal, dan memberikan keamanan dan kenyamanan mengkonsumsi, menyediakan produk serta jasa yang berkualitas dan halal.
Kegiatan
Anggota dari ACHI sendiri didominasi oleh kumpulan para chef profesional, pelaku kuliner, produsen produk, pebisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hulu hilir kuliner, termasuk konsumen. Melalui keanggotaan ini ACHI melakukan berbagai kegiatan yang menggambarkan visi dan misi tersebut, antara lain; Pertama, Edukasi dalam dalam website www.dapurhalal.comKedua, Informasi, yakni memberikan informasi secara gratis tentang prinsip halal (sosmed dan media), Ketiga, Konsultasi, dalam hal ini ACHI memberikan konsultasi dalam bisnis halal kulinari. Keempat, Market Place, di mana ACHI akan membangun pasar halal dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam mengkonsumsi produk produk kuliner, seperti bazar online dll.
Kelima, Comunity Assurance, yakni memberikan jaminan kualitas yang terbaik bagi masyarakat akan halal, untuk hal ini kami akan membangun komunitas non produsen. Keenam, Campaign, membangun kampanye gerakan nasional yang selaras dengan sosial budaya masyarakat secara positif. Ketujuh, Charity, adanya pemberian bantuan berupa produk, jasa maupun dukungan komunitas bagi yang membutuhkan. Dan Kedelapan, Network, menjalin hubungan seluas luasnya dengan komunitas atau organisasi yang sejalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar